Rakan, teman-teman peserta mentoring Diaspora Muda Aceh telah mengikuti sesi I dengan mentornya masing-masing. Mentoring sesi I alhamdulillah berjalan lancar dengan bantuan alat komunikasi via internet. Berikut adalah review yang dibuat oleh 3 mentee yang mengikuti kelas sesi I di pertengahan juli lalu:

Nama: Aulia
Mentor: Farhami Fahriani
Latar Belakang Pendidikan: Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Syiah Kuala

Review

What is CV?
Curriculum vitae atau sering disingkat CV merupakan sebuah rangkuman singkat tentang perjalanan hidup seseorang meliputi studi, pencapaian, skill dll yang dibutuhkan dalam dunia karir dan pendidikan. CV biasanya berjumlah 2 halaman dan ada juga yang hanya satu halaman namun ini semua tergantung dari permintaan instasi tempat seseorang melamar pekerjaan. CV juga terkadang di sebut resume di beberapa daerah.

Why CV?
Beberapa instasi pemberi beasiswa menginginkan informasi seorang pelamar untuk kebutuhan arsip dan juga untuk pemastian kepantasan seseorang menerima beasiswa tersebut. Dalam hal ini, CV adalah pilihan mengingat informasi hidup yang paling tepat singkat dan akurat terdapat didalam sebuah CV.

How many kind of CV?
Secara umum, CV dibagikan kepada dua kategori: CV general dan CV akademik. Kedua model Cv ini berbeda penggunaan dan tentunya konten pengisi. CV generan berisi informasi umum tentang seseorang yang mungkin dibutuhkan atau tidak oleh instasi yang dilamar. Biasanya Cv ini digunakan untuk kelengkapan berkas beasiswa local atau hanya sekedar pengumpulan informasi seorang calon pelamar beasiswa. CV jenis ini bisa mencapai 5 halaman (jika terlalu banyak info yang ingin di sajikan). Berbeda dengan CV General, CV Akademik lebih memunculkan informasi akademik seseorang. CV jenis ini hanya mencapai 2 halaman karena informasi yang di sajikan hanya yang berbau akademik. CV jenis ini lebih diminati oleh kebanyakan instasi pemberi beasiswa pendidikan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Jenis-jenis CV lain seperti CV europass hanya digunakandi sebagian besar negara eropa, tp jik pada universitas tersebut tidak dminta untuk submit CV sesuai format europass maka submit CV jenis akademik atau jenis umum saja.

Is there any standard CV Template?
Sejauh ini, tidak ada sebuah standarisasi terhadap CV mana yang seharusnya seseorang gunakan. Semua kebutuhan berdasarkan keinginan instasi tempat seseorang melamar dan itu bisa jadi berbeda-beda. Secara umum sebuah CV mengandung informasi diri, pendidikan, skill, training dan seminar. Namun bisa jadi ada penambahan Research dan social aktifiti. Ini semua tergantung instasi tempat melamar dan beberapa instasi akan memberikan standard masing-masing dengan template CV yang telah mereka sediakan.

How to create a good CV General?

Sebuah CV yang baik memuat beberapa hal dibawah ini:

  1. Pas Photo
    Pas photo yang ditampilkan merupakan foto terbaru dengan latar putih dan berukuran Passport. Foto sebahu dengan tanpa aksesoris wajah (kacamata, cadar, dll).
  2. Header
    Bubuhkan Nama pelamar, Alamat Email dan nomor ponsel yang aktif di header CV. Ini berfungsi untuk memudahkan instasi pemberi beasiswa dalam memeriksa CV.
  3. Email
    Salah satu penyebab ditolaknya aplikasi seorang pelamar karena alamat email yang tidak profesioal. Usahakan email kerja digunakan sesuai dengan nama asli atau di passport dan usahakan tidak adanya unsur unsur alay di email.
  4. Manfaatkan Table
    Gunakan table untuk memisahkan informasi dalam Cv. Seperti informasi diri, informasi pendidikan, informasi pencapaian, informasi skill dll. Bentuk yang seperti ini akan memudahkan instasi pemberi beasiswa dalam meninjau CV seseorang.
  5. Skill Bahasa
    Tuliskan skill Bahasa yang dikuasai dan sertakan juga level serta tanggal tes yang di ambil.
  6. Research and publication
    Bagi pelamar yang sudah pernah melalakukan riset dan publikasi, sertakan pula didalam CV. Gunakan blok table baru dan sertakan judul riset/publikasi, periode, sumber dana dan alamat web/publikasi paper.
  7. Block skill
    Untuk skill, pisahkan dari informasi lain dan letakkan paling bawah. Didalam blok skill ini memuat skill Bahasa, computer, mengendara, meneliti, menerjemah dll.
  8. Penutup
    Dibagian penutup CV, tuliskan claim keaslian dokumen (I certify that this …. ) serta bubuhkan tanda tangan di bagian pojok kanan bawah.

Nama: Riki Muhamanda
Mentor: Ria Purnama
Latar Belakang Pendidikan: Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Syiah Kuala

Review

Berikut hasil pembahasan dari pertemuan yang dilakukan secara online tersebut:

  1. Sebuah CV harusah terlihat eye-catchy karena sebenarnya terdapat ribuan CV yang dikirimkan para applicant dari seluruh dunia. Dengan membuatnya terlihat menarik, maka reviewer atau employer akan sangat mudah mengenal dan tertarik membaca CV kita.
  2. CV yang bersifat chronological merupakan CV yang memasukkan semua informasi terkait pemilik CV dimulai dari urutan tahun terbaru hingga terlama.
  3. CV yang berbentuk skilled-based merupakan CV yang hanya mencantumkan informasi yang sesuai dengan bidang yang dituju oleh pelamar.
  4. Pada CV kronologis, sangatlah penting untuk memberikan informasi minor atau detail. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan keaktifan pelamar di bidang lain.
  5. Beberapa informasi seperti kebangsaan (nationality), jenis kelamin serta foto pada umumnya tidak dicantumkan dalam CV atau resume ketika hendak melamar ke USA. Hal ini dikarenakan alasan diskriminasi. Resume untuk melamar ke universitas atau perusahaan di Amerika Serikat umumnya berisi nama, nomor kontak, alamat serta detail lainnya.
  6. Sangatlah penting untuk menjelaskan istilah yang digunakan dalam bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris, seperti penggunaan istillah K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja disebut occupational health and safety.
  7. Semua informasi yang disampaikan di dalam CV haruslah konsisten pada semua bagian CV, terutama sekali pada penggunaan tahun, jabatan atau lokasi.
  8. Lakukan pengecekan terhadap grammatical error atau spelling dari kata yang digunakan.
  9. Driving license tidak perlu dicantumkan pada CV yang ditujukan untuk masuk universitas, kecuali pada pekerjaan yang membutuhkan informasi tersebut.
  10. GPA haruslah diletakkan pada bagian education bukan pada bagian personal skill.
  11. Akan lebih baik jika sebuah CV memiliki reference, dimana reference telah dihubungi sebelumnya oleh pelamar. Tentunya pelamar juga dapat meminta surat rekomendasi dari para reference Banyak institusi di US yang mensyaratkan reference sebanyak 3 orang, yang terdiri dari academic advisor dan working supervisor.
  12. Haruslah berhati-hati ketika menggunakan jargon karena para reviewer tidak hanya berasal dari bidang yang sama. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menjelaskan jargon tersebut.
  13. Statement seperti “apply for master degree” tidak perlu lagi dicantumkan karena informasi tersebut telah ada pada surat lamaran atau application form.
  14. Resume pada umumnya hanya berisi 1 hingga 2 halaman saja dan hanya berkaitan dengan satu bidang saja.
  15. Bagi anda yang ingin melamar ke Amerika Serikat, penting sekali untuk mengikuti setiap format yang mereka minta.
  16. Pada penulisan tanggal dan durasi, cukup hanya ditulis tahun saja, sedangkan hari dan bulan tidak perlu dicantumkan untuk membuat CV lebih
  17. Bagi pelamar yang belum menamatkan kuliahnya, maka informasi terkait tanggal atau waktu kelulusan sangatlah perlu untuk dicantumkan.
  18. CV yang baik adalah CV yang berisi informasi yang padat dan ringkas. Informasi-informasi umum dapat diabaikan. Sedangkan informasi yang dirasa penting dapat dimuat di dalam CV. Pada umumnya, kebanyakan institusi di Amerika Serikat mensyaratkan CV dengan panjang 1-2 halaman.
  19. Peletakan tanggal pembuatan pada bagian akhir CV ditujukan untuk memberitahukan para reviewer tentang update CV dilakukan.
  20. Pelamar juga dapat mencatumkan hasil presentasinya pada beberapa seminar atau konferensi. Tentunya hal ini akan memberikan nilai tambah bagi pelamar itu sendiri.
  21. Volunteering activity serta community service merupakan dua item yang sangat recommended untuk dimuat di dalam CV oleh banyak institusi di Amerika Serikat. Para reviewer akan memberikan nilai tambah terhadap keaktifan pelamar dalam hal sukarela dan komunitas di luar atau di dalam bidang yang ditekuninya.
  22. Tugas akhir yang berupa rancangan dapat dicantumkan pada bagian research.

Dengan adanya meeting hari ini saya telah banyak belajar mengenai bagaimana membuat CV se menarik dan se simpel mungkin. Seperti dengan menghilangkan tanggal dan bulan pada setiap aktivitas yang dituliskan di dalam CV, pencantuman foto (untuk negara mana saja foto seharusnya dicantumkan maupun tidak), pencantuman lokasi pada setiap kegiatan yang dituliskan, dan masih banyak lagi. Hal ini belum pernah saya ketahui sebelumnya. Jadi, saya sangat bersyukur karena dengan adanya meeting pada hari ini banyak ilmu pengetahuan baru yang saya dapatkan  terkait pembuatan CV.

Terima kasih banyak kepada Tim Diaspora Muda Aceh dan kepada setiap mentor yang telah ikhlas berbagi ilmu kepada kami. Ilmu dan fasilitas yang telah kalian berikan sangatlah berdampak besar bagi kami. Hope you all the best.


Terimakasih para mentee yang sudah menuliskan review pertemuan pertamanya.  Semoga semangat terus dan tulisannya bisa bermanfaat ya, baik untuk yang mereview maupun untuk kita para pembaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.