Pada saat sekarang ini, melanjutkan kuliah ke luar negeri bukanlah sebuah keniscayaan lagi. Saat ini banyak kampus dan donatur yang menawarkan beasiswa ke luar negeri dengan persyaratan yang secara umum dapat dimiliki setiap orang yang memiliki kualifikasi. Salah satu dari persyaratan tersebut adalah PERSONAL STATEMENT dan atau STUDY OBJECTIVE.

 

PERSONAL STATEMENT dan STUDY OBJECTIVE merupakan salah satu syarat utama yang wiji dimiliki calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ataupun mengajukan diri ke universitas. Beberapa universitas atau donatur beasiswa terkadang tidak menggunakan istilah personal statement melainkan motivation letter or cover letter, namun pada dasarnya hal tersebut sama. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review Sesi III Program “Mentoring Session Diaspora Muda Aceh”, yaitu PERSONAL STATEMENT dan STUDY OBJECTIVE.

 

 

  1. PERSONAL STATEMENT

 

Pada saat program mentoring sesi Personal Statment mentor memberikan materi bagaimana cara membuat sebuah Personal statment yang baik dan benar. Secara umum ketika kita ingin membuat sebuah personal statment kita harus memiliki beberapa tolak ukur atau beberapa pertanyaan yang dapat menjawab suatu persyaratan dari universitas atau donatur beasiswa, dimana jawaban tersebut dapat merepresentasikan diri kita dan menuangkannya dalam bentuk kalimat kurang lebih satu sampai satu setengah halaman. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang dapat dijadikan referensi dalam pembuatan personal statment:

  • What makes you unique, or at least different from, any other applicant?
  • What attracts you to your chosen career? What do you expect to get out of it?
  • When did you initially become interested in this career? How has this interest developed? When did you become certain that this is what you wanted to do? What solidified your decision?
  • What are your intellectual influences? What writers, books, professors, concepts in college have shaped you?
  • How has your undergraduate academic experience prepared you for graduate/professional school?
  • What are two or three of the academic accomplishments which have most prepared you?,

Membuat list pertanyaan hanya merupakan salah satu cara dalam membuat sebuah personal stament, selain itu kita harus juga memperhatikan keteraturan cara penjabaran atau cara penulisan kita (Pembuka-Isi-Penutup) atau membuatnya berurutan sesuai urutan waktu (Past-Present-Future) serta memperhatikan tata bahasa dalam penulisanya. Pembuatan sebuah personal statment haruslah sesuai dengan keadaan diri kita, jangan terlalu “menjual” tinggi dan jangan juga terlalu merendah, selain itu tanamkan dalam diri kita agar ketika membuat personal statement jangan meniru milik orang lain. Meminta pendapat orang lain yang sudah berpengalaman (awardee atau kakak tingkat yang sudah/sedang kuliah strata yang lebih tinggi) untuk melakukan koreksi dan memberi pendapat juga hal yang wajib diperhatikan dalam pembuatan personal statment, serta melakukan revisi dari masukan yang diberikan. Periksalah kembali tata bahasa dan yang lainnya diakhir (apabila sudah menyelesaikan revisi dsb) agar menghindari Typo ataupun masalah yang lainnya.

 

sumber: csumb.edu

 

 

  1. STUDY OBJECTIVE

 

Study Objective merupakan sebuah esai yang merepresentasikan tujuan kita dalam dalam mengajukan beasiswa dan program master ataupun doktoral. Hal ini merupakan salah satu poin penting yang diperhatikan pihak kampus ataupun donatur beasiswa. Dalam membuat sebuah STUDY OBJECTIVE kita dapat susunannya sbb:

 

  • The First Paragraph

Explain your program in detail including the name of the program, the type or study (taught master, research master, or PhD), and your interested area of study. Focus on your interested area of study. It is better to be more specific on your explanation. Write a brief future goals that you wish to do after finish your study.

 

  • The Second Paragraph

Write your academic and professional background. Try to write the paragraph in a way to show that you have a suitable background to pursue your interested area of study as state in your first paragraph. If you want to pursue a different study area from your bachelor degree. Find the relation between your interested areas of study with your previous work. You can also stated the reason why you work on different area with your bachelor degree.

 

  • The Third and Fourth Paragraph

Explain your future goals and your research plan in details. You have to persuade the scholarship grant officer that you will have a contribution for your community once you finish your study and back to your home countries.

 

  • Fifth Paragraph

Explain the reason why you chose A country to pursue your study. Focus on the interested area of study. Write also the detail about that area of study. The contribution of that area in your society. Write your future goals.

 

Selain hal diatas, anda harus memperhatikan waktu dalam membuat sebuah Study Objective jangan menggunkan sistem Semalam Kelar Semua, karen hal ini merupakann salah satu hal riskan yang dipertimbangkan oleh donatur dan kampus. Selain itu gunnakan tata basa yang sesuai. Melakukan riset kecil-kecilan tentang kampus, area studi, profesor yang sesuai background kita serta hal-hal kecil yang dapat membantu kita dalam kehidupan kampus nanntinya. Terakhir pastikan membaca ulang secara keseluruhan untuk terakhir kalinya sebelum melakukan proses apply agar meghindari kesalahan pengetikan ataupun tata bahasa, etc.

 

Jangan pernah sekalipun meuliskan kampus lain ataupun donatur lain dalam sebuah studi objective. Selain itu hindari juga memasukkan Sesuatu informasi yang kamu sendiri kurang yakin akan hal tersebut, serta jangan menuliskan sesuatu yang dapat menunjukkan kita sedang pamer secara berlebihan (misal IPK, atau satu pernyataan yang nadanya terlalu memuji diri sediri, dst).

 

Demikianlah review yang dapat saya berikan dalam sesi mentoring kali ini. Saya mengucapkan terima kasih kapada Diaspora Muda Aceh yang telah memberikan saya kesempatan bergabung dalam program ini, dan terima kasih pula saya ucapkan untuk seluruh mentor yang bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi tips dan pengalamannya. Terima Kasih.

 

 

 

Mirza Arbi

Penulis merupakan salah satu mentee program Mentoring Diaspora Muda Aceh batch 2 Tahun 2017, yang dibimbing oleh Mentor Suci Senjana (UK). Penulis saat ini sedang memperdalam kemampuan bahasa Inggrisnya untuk kemudian memenuhi syarat aplikasi beasiswa mendatang dan lulus universitas Tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.