Diaspora Muda Aceh

Kolaborasi Untuk Aceh

About

Diaspora Muda Aceh terbentuk dari semangat berbagi yang didorong oleh tingginya minat anak muda Aceh untuk mengenyam pendidikan lanjutan di luar negeri. Kami percaya kini belajar di luar negeri bukan lagi mimpi, namun adalah sebuah harapan yang mampu diraih asal disertai dengan usaha yang maksimal.

Sesuai dengan visi kami yakni membangun jejaring anak muda Aceh yang peduli dan open minded, kami berharap diaspora muda Aceh ini dapat mengembangkan koneksi anggotanya dan saling berbagi pengalaman dan belajar antar sesama. Selain itu, diharapkan dengan adanya kegiatan mentorship juga, anggota diaspora muda Aceh akan terus meningkat, yang artinya semakin banyak anak muda Aceh yang mengenyam studi di luar negeri dan terikat dalam semangat berbagi.

Kegiatan Mentorship yang dilakukan oleh 10 Mentor yang merupakan putra-putri daerah Aceh yang sedang melakukan studi di luar negeri ini memiliki 3 tahap yakni :

 

  • Pendampingan aplikasi beasiswa
  • Pendampingan aplikasi ke kampus tujuan
  • Pendampingan persiapan keberangkatan

 

Masing-masing mentor akan memiliki 3 Mentee dengan field of study yang mirip dan akan berhubungan via internet (Whatsapp dan Skype). Setiap 2 minggu, mentee dan mentor akan melakukan pertemuan di dunia maya untuk membahas tugas yang diberikan dan me-review proses aplikasi kampus dan beasiswa dari para mentee.

Harapan kami, dengan menghubungkan anak muda Aceh yang sedang melanjutkan studi di luar negeri dengan yang ingin melanjutkan studi, dapat memberri dampak positif 2 arah bagi para mentor dan mentee sendiri.

Pada akhirnya, melalui diaspora muda Aceh ini, kami berharap untuk dapat berkontribusi mulai dari hal kecil untuk pembangunan Aceh, dimanapun kita berada.